Memulai Bisnis "Property dari Tanpa Modal"

Tulisan ini merupakan hasil seminar dari salah satu dari materi yang diberikan pada saat  Seminar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Usaha UMKM, yang dilaksanakan pada 24 November 2012. Yaitu "Memulai Bisnis Property dari Tanpa Modal",  yang dipaparkan oleh Bapak Adam.

Memulai Bisnis "Property dari Tanpa Modal"

Seminar yang diadakan di Hotel Naripan pada hari sabtu tanggal 24 November 2012 kemarin , memberikan saya banyak pengetahuan. Salah satu pengetahuan yang saya dapatkan yaitu mengenai cara memulai bisnis property tanpa modal, yang disajikan oleh Bapak Adam.

Menurut beliau hal yang pertama yang harus dilakukan oleh kita untuk memulai suatu bisnis yaitu : Mengubah Pola Cara Berpikir kita. Dan beliau mengatakan bahwa berbisnis itu dapat terjadi dimana saja dan kapan saja dan jangan pernah berpikir dan berkonsentrasi pada apa yang ada diluar .

Beliau memaparkan terdapat beberapa rahasia bisnis property, salah satu yang beliau ungkapkan yaitu “MODERAT” (Modal Dengkul Dan Urat). Selain itu beliau juga mengungkapakan mengenai strategi mengadakan laba.

Strategi mengadakan laba terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Pembiayaan tanah
  2. Pembiayaan pembangunan
Pembiayaan pembangunan inipun terbagi lagi menjadi :
  • BOTOL
  • BOTAK
  • BODOL
  • BENJOL
Kata-katanya agak lucu ya, namun memiliki makna yang luas. Biasanya di setiap seminar harus menggunakan istilah yang berkarakter agar mudah di ingat dan dipahami oleh pesertanya.Mari kita bahas istilah
tersebut.

1.  BOTOL = Berani Optimis Tenaga Orang Lain
Jadi maksudnya yaitu dalam melaksanakan pembiayaan bangunan ini diperlukan keberanian dan optimis kita. Namun tidak hanya diperlukan itu saja tetapi diperlukan juga Tenaga Orang Lain, terutama dalam bentuk biaya.

2.  BOTAK = Berani Optimis TenagA Kerjasama
Jadi didalam melakukan pembiayaan bangunan ini diperlukan keberanian dan optimis kita , selain itu diperlukan juga tenaga kerjasama dalam membangun usaha kita.

3.  BODOL = Berani Optimis Duit Orang Lain
Jadi didalam melakukan pembiayaan bangunan diperlukan keberanian dan optimis yang dimana untuk membangun usaha khususnya property. Dengan cara mengandalkan Duit dari Orang Lain.

4.  BENJOL = Berani optimis & Join dengan Orang Lain
Dalam hal ini maksudnya kita melakukan usaha property dengan modal keberanian , optimis , dan melakukan kerjasama dengan orang lain.

Apa yang disebutkan diatas merupakan strategi dalam mengadakan laba.

Dalam seminar juga beliau mengatakan pengalamannya dalam bisnis property, yang dimana dengan contoh strategi yang dia lakukan yaitu dengan menggunakan BODOL. Dimana beliau bercerita bahwa investor yang memberikannya modal awal sebesar Rp 1,5 M dapat mendapatkan omset sebesar 40% keuntungan sekitar Rp 500 Juta. Sedangkan baliau ikut menggunakan modal sebesar Rp 1,5 juta dapat menghasilkan lebih besar dari investornya yaitu sebesar Rp 700 juta .

Apa yang telah diuraikan oleh saya diatas merupakan hasil yang saya dapatkan dari seminar “Pengembangan Usaha / UMKM” dengan topik memulai bisnis property “tanpa modal” .

Beliau juga memberikan pesan bahwa, “ Orang yang sukses adalah orang yang mampu berfikir mengenai solusi terhadap masalah yang diahadapkan kepadanya”.

Semoga tulisan ini dapat berguna bagi para pembaca

Sumber : Memulai Bisnis "Property dari Tanpa Modal" | Ray Blog |