Saya pernah berdiskusi dengan seorang
pengusaha bisnis pulsa dan (kalau tidak salah) bisnis handphone, namanya
Pak Wildan. Diskusi itu makin lama makin mengasyikan sampai beliau
menanyakan kepada saya tentang usaha counter hp beliau yang omsetnya
sedikit sekali. Kemudian beliau mengatakan seperti ini, “Kayaknya saya
harus buka cabang deh mas. Omsetnya sudah mentok nih.”
Dengan hati-hati dan tanpa bermaksud
menggurui, saya katakan seperti ini. “Pak, kalau bapak mau buka cabang,
apakah bapak sudah memastikan apakah hal itu solusi buat masalah usaha
counter pulsa yang bapak hadapi sekarang? Jangan-jangan bukan itu solusi
dari masalah bapak?”, kata saya.
Sepengetahuan saya, ada 4 cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, yaitu :
- Menyalin keseluruhan mekanisme bisnis, yaitu menyalin mekanisme keuangan, pemasaran, sistem, hukum dan produk dari bisnis kita yang lama ke bisnis kita yang baru. Bahasa gampangnya adalah kita buka cabang baru. Cara ini banyak digunakan oleh pedagang eceran atau restoran.
- Membuat waralaba, yaitu anda mem-franchise-kan usaha anda. Contohnya seperti : McDonald, KFC, Kebab Turki BabaRafi, Tela-Tela, dan sebagainya.
- Membuat perusahaan go pubilc lewat IPO, dengan kata lain, menawarkan saham perusahaan kepada publik / umum. Prosesnya rumit sekali dan biasanya tidak cocok untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
- Licensing dan joint ventures. Maksudnya, memungkinkan bisnis lain memproduksi produk kita untuk dijual.
Tapi ingat, semua cara pengembangan
bisnis di atas hanya bisa dilakukan jika dan apabila sebuah bisnis sudah
berjalan dengan baik! Jika tidak, bukannya omset besar yang anda
dapatkan, tetapi masalah-masalah yang baru yang akan anda peroleh. Untuk
kasus diatas, pak Wildan berniat untuk menaikan omset dengan cara yang
pertama, yaitu menyalin keseluruhan mekanisme bisnis usaha counter
pulsanya.
Dan omset yang sedikit itulah yang
menjadi indikasi kalau sistem bisnis pada bagian pemasaran usaha counter
pulsa tersebut belum berjalan dengan baik. Perlu anda ketahui,
pemasaran TIDAK SAMA dengan penjualan. Pemasaran itu kompleks. Tapi
intinya adalah anda harus bisa menjawab tiga pertanyaan berikut ini jika
memang masalah pemasaran yang menjadi penyebab utama tidak berjalannya
sistem bisnis anda.
- Apa yang diinginkan oleh konsumen saya dari produk atau jasa saya?
- Apakah pelayanan yang cepat, pulsa yang murah, pulsa operator seluler yang komplit, atau pelayanan yang ramah? Tanyakan pada konsumen anda. Lakukan riset pasar!
- Apakah saya sudah menargetkan konsumen dengan tepat? Pikirkan apakah anda ingin menargetkan mahasiswa, pegawai, atau pembeli yang memperhatikan harga.
- Apa manfaat unik dari produk atau jasa yang tidak dapat diperoleh konsumen saya dari tempat lain?
Tiga pertanyaan diatas tidak hanya bisa
anda praktekkan untuk memulai usaha counter hp. Anda bisa terapkan di
usaha apa saja. Camkan baik-baik, karena apabila anda tidak bisa
menjawab ketiga pertanyaan diatas, bisa dipastikan berpengaruh buruk
terhadap bisnis anda. Karena dengan anda bisa menjawab 4 pertanyaan di
atas, kemungkinan besar usaha anda punya nilai lebih dibandingkan dengan
kompetitor anda.