Iklan atau promosi adalah sejoli bisnis yang kita jalankan. Keduanya
tidak bisa jalan masing-masing jika ingin bisnisnya optimal. Bagaimana
orang bisa tahu produk kita kalau kita tidak mengenalkannya?
Sebaliknya, media iklan juga sepi jika tidak ada pengiklan.
Pasang iklan merupakan seni marketing tersendiri. Apa jadinya produk pakaian muslimah jika digelar di diskotik? Mungkin saja laku barang satu atau dua. Beda halnya jika pakaian muslimah tersebut digelar di acara pengajian akbar, toko muslimah, atau di mal-mal ketia bulan Ramadhan. Akan berlipat-lipat tentu yang laku.
Identik dengan kisah pakaian muslimah tadi, tempat iklan menuntut kejelian kita sebagai pemasang. Bisa saja banyak dilihat sampai ditawar tetapi tidak sampai deal terjual. Atau sebaliknya, sedikit pasang iklan dan tepat sasaran. Di sinilah seninya bagaimana memilih tempat memasang iklan.
Baik dalam bisnis offline maupun online, masing-masing pasti ada top advertiser yang menjadi pilihan publik. Media cetak, kita bisa temukan pikiran rakyat di Bandung, poskota di Jabodetabek, solopos di Solo raya, dan banyak media lokal lain untuk barang/jasa fast moving product. Iklan lowongan kerja (loker) banyak kita jumpai di media lokal atau nasional.
Berbeda
dengan media promosi offline yang bisa kita lihat dari berapa banyak
orang mencari atau agen koran menyetoknya, media promosi online tidak
banyak yang tahu website(laman) mana yang paling banyak diakses pengguna
internet. Beberapa media iklan online lokal diantaranya iklanbaris,
iklanumum, iklanjogja, kliksaya, dan masih banyak lagi. Dari mana kita
bisa tahu media mana yang menjadi unggulan? Salah satunya bisa dengan
melihat traffic rank-nya di internet.
Pasang iklan merupakan seni marketing tersendiri. Apa jadinya produk pakaian muslimah jika digelar di diskotik? Mungkin saja laku barang satu atau dua. Beda halnya jika pakaian muslimah tersebut digelar di acara pengajian akbar, toko muslimah, atau di mal-mal ketia bulan Ramadhan. Akan berlipat-lipat tentu yang laku.
Identik dengan kisah pakaian muslimah tadi, tempat iklan menuntut kejelian kita sebagai pemasang. Bisa saja banyak dilihat sampai ditawar tetapi tidak sampai deal terjual. Atau sebaliknya, sedikit pasang iklan dan tepat sasaran. Di sinilah seninya bagaimana memilih tempat memasang iklan.
Baik dalam bisnis offline maupun online, masing-masing pasti ada top advertiser yang menjadi pilihan publik. Media cetak, kita bisa temukan pikiran rakyat di Bandung, poskota di Jabodetabek, solopos di Solo raya, dan banyak media lokal lain untuk barang/jasa fast moving product. Iklan lowongan kerja (loker) banyak kita jumpai di media lokal atau nasional.

Berikut data dari alexa.com per
Desember 2010:
No. | Media Iklan | Rank Indonesia | Rank Global |
1 | tokobagus.com | 30 | 2.328 |
2 | iklanbaris.co.id | 1.071 | 76.263 |
3 | jual-beli.com | 2.214 | 133.742 |
4 | jasaiklan.com | 2.547 | 146.321 |
5 | iklanoke.com | 4.066 | 208.716 |
6 | webiklan.com | 4.293 | 230.369 |
7 | iklanpromo.com | 6.905 | 344.757 |
8 | jagoiklan.com | 7.655 | 391.374 |
9 | jogjaiklan.com | 8.623 | 357.828 |
10 | iklanbandung.com | 31.811 | 821.629 |
Selamat mempromosikan produk anda!